jump to navigation

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen 8 April 2013

Posted by yurosie in bisnis, ekonomi.
Tags: ,
trackback

Konsumen Cerdas Paham Perlindunga Konsumen merupakan sebuah slogan yang telah di canangkan oleh pemerintah, guna untuk memberikan himbauan kepada masyarakat luas akan pentingnya mengetahui tentang hak hak dan perlindungan konsumen. Dan pada 20 April Mentri perdagangan dan Dirjen Perlindungan Konsumen mengadopsi keputusan berdasarkan kontrol perdagangan jasa dan menciptakan Konsumen Rights Centre Perlindungan (UUD 1999). 20 April di tetapkan sebagai hari perlindungan Konsumen dan sejak itu telah memulai langkah-langkah untuk melindungi hak-hak konsumen, mengawasi pertukaran barang dan penyediaan jasa, serta menyediakan konsumen dengan informasi yang diperlukan dan membantu untuk menyelesaikan konflik antara produsen dan konsumen.

Pergeseran signifikan dalam Dirjen Pusat Perlindungan Hak Konsumen terjadi 20 April 1998 bersamaan dengan masuknya Indonesia dalam pasar bebas, yang telah mempengaruhi undang-undang hukum Indonesia untuk melindungi hak-hak konsumen, perdagangan pengawasan, keamanan produk, dan evaluasi kebijakan kepatuhan. Keanggotaan di Indonesia telah membuka peluang baru bagi kegiatan internasional disediakan dan meningkatkan perlindungan konsumen di Indonesia.

Hak Konsumen Pusat Perlindungan adalah Departemen Perdagangan dan diawasi lembaga pemerintah yang melindungi hak-hak konsumen. Dokumen utama atas dasar mana Pusat Perlindungan Konsumen adalah UU Perlindungan Konsumen. Kegiatan Pusat yang diatur oleh ketentuan-ketentuan dari Pusat Perlindungan Hak Konsumen.

Fungsi utama dari Perlindungan Konsumen adalah:

  1. Pengawasan dan pengendalian perdagangan dalam penjualan produk non-makanan (tidak termasuk bahan kimia rumah tangga dan produk kimia, produk medis, obat-obatan, kedokteran hewan, kosmetik dan perawatan untuk hewan, serta produk farmasi dan ветеринарнофармацевтические) dan dalam penyediaan layanan;
  2. Pertimbangan yang diterima dari konsumen tuduhan pelanggaran hak-hak konsumen, membantu konsumen dalam menyelesaikan konflik dengan produsen, pengecer dan penyedia layanan, serta untuk menegakkan tuntutan sah dari konsumen;
  3. Memberikan nasihat hukum kepada konsumen mengenai hal-hal yang mempengaruhi hak-hak mereka;
  4. The ketaatan terhadap hak-hak konsumen dalam penyusunan kontrak dan kontrak menyimpulkan antara konsumen dan produsen, penjual atau penyedia layanan, serta pelaksanaan kegiatan yang diatur dalam undang-undang, sehingga produsen, penjual atau penyedia layanan telah berubah atau berhenti untuk melakukan persyaratan dalam perjanjian kontrak atau proyek jika dokumen tersebut ditemukan istilah yang tidak adil atau ambigu;
  5. Pengawasan pembentukan yang tepat ukuran dan berat barang makanan dan non-makanan, serta perhitungan yang benar dari pembayaran pembelian;
  6. Mengawasi kepatuhan dengan perdagangan-pengukuran persyaratan yang diusulkan peralatan didirikan pada peraturan, pelaksanaan pengawasan negara metrologi dalam alat pengukuran penggunaan, penerapan pengendalian metrologi barang dikemas.

Dan itulah sedikit posting yang mungkin nantinya bisa berguna untuk anda dan lebih jelasnya anda bisa membaca tentang posting saya di blog lainnya yang berjudul Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen dan satu lagi untuk anda yang membutuhkan gadged berkualitas silahkan baca Iconia PC Tablet dengan Windows 8

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: